Bidang
 
Info Dinas
  • Angkutan Perintis (Wonosari-Gedangsari)
  • Latihan Panjat dinding
  • GladiResik Operasi Ketupat 2011
  • Perbaikan sarana Lalu-lintas
  • Rapat Kerja
 
Dukungan Online
 Admin1
 Admin2

 
Slide Informasi
 
Statistik
  Pengunjung hari ini : 5
  Total pengunjung : 1100485
  Hits hari ini : 18
  Total Hits : 7770283
  Pengunjung Online : 7

 
Angket

Apa Transportasi Favorit Anda?

 Ojek

 Dokar

 Becak

 Andong

Lihat Hasil Angket

 
  • Rabu, 15 Mei 2013 - 14:42:48 WIB
    PNSBox untuk Keamanan Informasi
    Diposting oleh : admin
    Kategori: Bidang Kominfo - Dibaca: 11978 kali

    Dalam rangka implementasi integrasi e-government di Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta, maka Direktorat e-Government Kementrian Komunikasi dan Informatika RI menyelenggarakan kegiatan FGD konfigurasi dan instalasi PNS Box pada seluruh kabupaten/kota di DIY. Kegiatan dilaksanakan kemarin (14/5) bertempat di Aula Lantai 3 Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman.

    Private Network Security Box (PNSBox) adalah sistem operasi berbasis FreeBSD yang mengintegrasikan berbagai macam aplikasi antara lain menyangkut network security, database, web-server optimization, web monitoring dan fitur lainnya. Keunggulan dari PNSBox adalah fleksibilitasnya, artinya user bisa mengaktifkan atau menon-aktifkan aplikasi yang ada dengan menambah satu karakter pada file konfigurasi yang ada.

    Seperti disampaikan oleh Kasubdit Infrastruktur e-Government Direktorat e-Government Kemkominfo RI, Heru Supriyatno, PNS Box merupakan solusi all-in-one in a box untuk seluruh kebutuhan pengaturan, kontrol dan monitoring jaringan termasuk komponen pengamanannya. Teknologi PNS Box adalah sistem berbasis Open-Source dengan sistem operasi dasar FreeBSD. PNS Box dapat diterapkan pada jaringan berskala kecil dan besar.

    Beberapa solusi teknologi PNS Box, antara lain: Solusi Pelayanan, Pengaturan, dan Pengamanan Jaringan, Bandwidth Management (pengaturan bandwidth), Pelayanan Aplikasi dan e-mail (surat elektronik). Fitur-fitur/fasilitas dalam teknologi PNS Box bersifat fleksibel yang dapat diaktifkan/non-aktifkan sesuai kebutuhan, skala jaringan, dan speksifikasi perangkat keras.

    Kepala Bidang Layanan Teknologi dan Manajemen Informasi Dinas Hubkominfo  DIY, Ir. Roni Primanto Hari, MT, mengharapkan agar setelah implementasi, PNS Box ini benar-benar dapat dimanfaatkan dengan baik. Teknologi PNS Box secara penuh dikembangkan oleh Direktorat e-Government Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Penyelenggaraan kegiatan ini diharapkan dapat terjadi sinkronisasi antara Kementerian Kominfo RI dengan kementerian/Lembaga terkait dan pemda Provinsi, Kabupaten/Kota se Indonesia dalam pemanfaatan PNS Box untuk interkoneksi jaringan pemerintah serta meningkatkan sistem keamanan informasi/data dan jaringan pemerintah baik di pusat maupun di daerah.

    Sedangkan sebagai tindak lanjut FGD, Teknisi dari Kementrian Kominfo melakukan konfigurasi secara langsung di masing-masing Pemkab/Pemkot di DIY. Termasuk di Gunungkidul.

    Untuk Kabupaten Gunungkidul, hari ini sudah selesai diinstal dan dikonfigurasi. Diharapkan setiap aplikasi nantinya akan dilewatkan pada server yang telah diinstal PNSBox. 



    Pengembangan e-Government masih Parsial
    APLIKASI PERKANTORAN : siMAYA
    NAMA DOMAIN: Rancangan Peraturan Menteri Diuji Publik Bulan Ini
    Data Desa Dering USO Kab. GK Area DIY By Telkomsel
    Apel Pagi Pemberi Inspirasi
    0 Komentar :



    Isi Komentar :
    Nama :
    Website :
    Komentar
     
     (Masukkan 6 kode diatas)

     

  • Galeri Foto