Bidang
 
Info Dinas
  • Angkutan Perintis (Wonosari-Gedangsari)
  • Latihan Panjat dinding
  • GladiResik Operasi Ketupat 2011
  • Perbaikan sarana Lalu-lintas
  • Rapat Kerja
 
Dukungan Online
 Admin1
 Admin2

 
Slide Informasi
 
Statistik
  Pengunjung hari ini : 347
  Total pengunjung : 1100480
  Hits hari ini : 1598
  Total Hits : 7770258
  Pengunjung Online : 6

 
Angket

Apa Transportasi Favorit Anda?

 Ojek

 Dokar

 Becak

 Andong

Lihat Hasil Angket

 
  • Senin, 13 April 2015 - 11:56:43 WIB
    Pemkab Sediakan Angkutan Perintis Gratis
    Diposting oleh : admin
    Kategori: Bidang Transportasi - Dibaca: 1298 kali

    Guna mengantisipasi ketiadaan angkutan umum di beberapa jalur yang mati, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Gunungkidul menyediakan angkutan perintis.Kepala Bidang Transportasi Dishubkominfo Gunungkidul Kuncoro Budi Santoso menyampaikan program ini sudah berlangsung sejak 2011 lalu namun tetap belum bisa menyasar ke seluruh wilayah. Mengingat, jalurnya baru Gedangsari-Wonosari dan Sokoliman-Wonosari. Dari tiga armada yang dimiliki, baru dua yang beroperasi.

    Setiap tahunnya dibutuhkan anggaran Rp1 miliar lebih untuk mengopreasikan bus-bus tersebut. Kuncoro mencontohkan untuk trayek Gedangsari-Wonosari disediakan anggaran Rp800 juta. Besarnya anggaran ini digunakan untuk operasional dan pemeliharaan bus sebab para penumpang dibebaskan dari beban biaya."Dishubkominfo tidak memungut sepeser pun dari penumpang. Untuk pengoperasi tergantung dengan jarak yang ditempuh. Misalnya trayek Gedangsari-Wonosari hanya beroperasi dua kali tiap harinya,” papar Kuncoro.

    Keberadaan bus perintis ini ditanggapi positif oleh masyarakat. Moda transportasi ini sangat membantu warga yang tidak memiliki kendaraan pribadi atau ingin menggunakan alat transportasi umum bisa menggunakan kendaran ini.Salah seorang warga Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Sudarto mengaku senang keberadaan alat transportasi gratis ini. Sebab, disamping tidak harus mengeluarkan biaya, masyarakat tetap bisa beraktivitas jauh meski tidak memiliki kendaran sendiriMembantu warga yang kurang mampu,” ujarnya.Dia menjelaskan beberapa tahun lalu ada angkutan pedesaan dengan rute Sokoliman-Wonosari. Namun, dikarenakan sepinya penumpang, membuat pengusaha angkutan memilih berhenti beroperasi.“Mudah-mudahan program angkutan perintis ini terus berjalan,” ucapnya.(harian Jogja)



    Bus Perintis Jangkau Sokoliman
    Dishubkominfo Gunungkidul Ikuti Pemeringkatan Keamanan Informasi
    Dishubkominfo Buatkan Subdomain Untuk Seluruh Kecamatan di Gunungkidul
    KINERJA JARINGAN TRAYEK ANGKUTAN PEDESAAN DAN ANGKUTAN KOTA WONOSARI
    DPA 2014 Dishubkominfo
    0 Komentar :



    Isi Komentar :
    Nama :
    Website :
    Komentar
     
     (Masukkan 6 kode diatas)

     

  • Galeri Foto