Bidang
 
Info Dinas
  • Angkutan Perintis (Wonosari-Gedangsari)
  • Latihan Panjat dinding
  • GladiResik Operasi Ketupat 2011
  • Perbaikan sarana Lalu-lintas
  • Rapat Kerja
 
Dukungan Online
 Admin1
 Admin2

 
Slide Informasi
 
Statistik
  Pengunjung hari ini : 346
  Total pengunjung : 1100479
  Hits hari ini : 1586
  Total Hits : 7770246
  Pengunjung Online : 5

 
Angket

Apa Transportasi Favorit Anda?

 Ojek

 Dokar

 Becak

 Andong

Lihat Hasil Angket

 

Beranda » Bidang Kominfo » Direktorat E-Government Imbau Kepala Daerah Fungsikan Kadis Kominfo Sebagai CIO

Link Website

  • Senin, 10 Oktober 2016 - 09:51:42 WIB
    Direktorat E-Government Imbau Kepala Daerah Fungsikan Kadis Kominfo Sebagai CIO
    Diposting oleh : Hari Susanto
    Kategori: Bidang Kominfo - Dibaca: 156 kali

    Focus Group Discussion (FGD) Strategi Infrastruktur dan Aplikasi e-Government berbagi pakai yang dilaksanakan oleh Dirjen Aplikasi Informatika Direktorat E-Government, Kamis (6/10) sampai Jumat (7/10) di Hotel Aston Semarang, memberikan pesan untuk Dinas Kominfo Provinsi maupun Kabupaten/Kota dapat menjadi integrator yang dapat mengintegrasikan ekosistem Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di daerah.

    Mendorong sektor pada pelayanan publik dan memfungsikan Kadis Kominfo sebagai CIO atau sebagai penyelenggara ekosistem TIK dalam sistem integrator dalam smart city. Hal itu disampaikan Kasubdit TI dan e-Government direktorat e-government, Bambang Dwi Anggono, yang sering disapa Ibenk.

    “Fungsi kominfo itu sebagai integrator dalam seleuruh ekositem TI di daerah, perlu komitmen kepala daerah untuk memperbaiki dan mendorong sektor pelayanan publik melalui e-government dan juga memfungsikan Kadis Kominfo sebagai CIO atau sebagai penyelenggara seluruh ekosistem TIK dalam integrator menuju smart city” kata Bambang Dwi Anggono yang biasa disapa Ibenk.

    Menurut Ibenk aplikasi yang berada di SKPD lain namun server dan data center dikelola oleh kominfo. “Seperti SIKNAS boleh di dinas kesehatan, namun untuk ekosistem yang menyangkut server berada di kominfo,” katanya.

    Kadishubkominfo Gunungkidul, Ir. Purnamajaya, MUM yang sebelumnya merencanakan hadir dalam acara tersebut mengatakan FGD sangat positif sebagai wahana untuk berbagi antar daerah Kabupaten/Kota dalam penerapan teknologi informasi, untuk pengembangan manajemen pemerintahan khususnya peningkatan kinerja pelayanan publik. Inisiatif kemenkominfo untuk mengumpulkan sejumlah kabupaten kota dan provinsi dalam FGD terutama untuk mendorong penegembangan stretegi infrastruktur dan aplikasi berbagi pakai e-gov akan mempermudah masing-masing daerah untuk percepatan implementasi program tersebut.

    Kabid Kominfo, Bapak Markus Tri Munarja yang didampingi oleh Hari Susanto, yang diutus untuk mewakili pak Kadishubkominfo mengatakan Kabupaten Gunungkidul sedang melakukan pemetaan terkait Pemanfaatan TIK yang akan dipetakan selama lima tahun ke depan 2017-2021, dengan Roadmap Pengembangan TIK di Kabupaten Gunungkidul. Roadmap diharapkan mampu menyelaraskan Infrastruktur dan Aplikasi yang ada sekarang dengan konsep yang ditawarkan oleh Kemkominfo.

    Kabupaten Gunungkidul mendapat tawaran dari beberapa daerah yang telah membangun infrastruktur dan mengembangkan aplikasi layanan publik secara cuma-cuma, Persoalannya sekarang bagaimana kita menyusun rencana kerja yang kongkrit dan mampu menyelaraskan sumber daya yang ada di Kabupaten Gunungkidul,” kata Markus.

    Hari Susanto yang pernah mewakili Dishubkominfo Kabupaten Gunungkidul ke Korea menyampaikan bahwa Kabupaten Gunungkidul sudah berjalan pada rel yang benar, tinggal menunggu momentum yang tepat untuk memboomingkan TIK yang ada di Gunungkidul dengan memilih Aplikasi yang memang menjadi prioritas Bupati Gunungkidul, misalkan di bidang pariwisata.

    Kabupaten Gunungkidul bisa belajar kisah sukses Pemerintah Kota Bandung, Kota Pekalongan, Kota Surabaya, dan kabupaten Bojonegoro yang sudah mengukir prestasi hingga tingkat dunia, kata Hari.



    FGD Strategi Infrastruktur dan Aplikasi Berbagi Pakai eGovernment
    Dishubkominfo Bahas Rancangan Peraturan Bupati Tentang Website
    Dishubkominfo GK Membahas Standar Pelayanan Kepastian Waktu Syarat dan Biaya Izin Trayek
    Dapatkan Layanan Hukum Bebas Biaya di Pengadilan Negeri Wonosari
    Festival Teknologi Informatika dan Komunikasi CANDORI
    0 Komentar :



    Isi Komentar :
    Nama :
    Website :
    Komentar
     
     (Masukkan 6 kode diatas)

     

  • Galeri Foto